Saturday, October 29, 2016

7 fakta unik tentang keanekaragaman INDONESIA

1. Pantai Plengkung - Taman Nasional Alas Purwo


Pantai Plengkung

Salah satu pantai yang mendunia selain Pantai Kuta, Pantai Sanur dan Nias, dan pantai lainnya yang ada di Indonesia, yakni Pantai Plengkung ang terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. mungkin tidak asing lagi buat para peselancar lokal maupun dunia karena pantai ini memiliki Ombak yang bagus dan tinggi sangat cocok buat peselancar yang ingin mencoba adrenalin bisa anda coba di Pantai Plengkung.

Pantai Plengkung atau yang biasa disebut dengan G-Land dikarena kan wilahnya yang menyerupai huruf "G" apabila kita melihat dari atas. dan Pantai ini memiliki ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 kilometer tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia. bah masuk dalam kategori ombak tertinggi kedua serta terpanjang didunia.

2. Rendang - Makanan Khas Padang


Rendang

Bagi anda semua mungkin sudah tidak asing lagi kalau mengenai makanan ini "Rendang", khususnya di Indonesia,salah satu masakan daging yang di olah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas dari indonesia ini masuk dalam nominasi makanan paling enak di dunia lho.

Rendang masuk dalam di urutan ke-11 dari 50 daftar makanan paling enak di dunia yang dipublikasikan oleh salah satu berita CNN. urutan makanan terenak di dunia didapatkan dari hasil polling yang dilakukan melalui situs jejaring sosial Facebook, salah satunya Rendang masuk dalam kategori makanan asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. mengalahkan berbagai makanan paling enak didunia seperti Kebab dari Turki, Lasagna dari Italia, Fajitas dari Mexico dan Pho dari Vietnam.

3. Goa Petruk - Objek Wisata di Kebumen


Goa Petruk Di Kebumen

Dalam Goa Petruk anda akan bisa melihat berbagai pemandangan dari bebatuan yang sangat indah dan pastinya sangat mempesona yakni batu Stalaktit dan Stalakmit yang menyerupai berbagai bentuk disini. Perlu anda ketahui juga Goa Petruk menurut catatan dari Doktor Koo, seorang pakar Goa dari luar negeri menyebutkan Goa Petruk termasuk salah satu Goa yang terindah lho.

Ketika kita memasuki Gua Petruk terdapat 3 bagian disini, Bagian pertama kita hanya menjumpai kelelawar yang berterbangan kesana kemari dengan bau yang kurang sedap, sementara di Bagian kedua yang dimana lokasi tersebut dinamakan Goa Semar karena didalam bagian ini akan menjumpai berbagai batu yang indah dan mempesona anda dan bagian yang ketiga yang terakhir dinamakan Gua Petruk, mengapa disebut Goa Petruk.

Karena ketika anda memasuki Goa terakhir anda akan menjumpai batu yang menyerupai bentuk dari hidung Petruk, namun sayang karena ulah dari pihak belanda pada zaman dulu akibat hasil penambangan phosfatm hidung petruk yang merupakan simbol dari Goa tersebut kini sudah putus dan sudah tidak kelihatan lagi.

4. Gunung Tambora - Pulau Sumbawa,NTB


Letusan Gunung Tambora

Fakta Unik Tentang Indonesia kali ini terjadi karena letusan dari Gunung Tambora tersebut yang berada disalah satu Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, akibat letusan dari Gunung Tambora ini menjadi salah satu berita terheboh kala itu berikut ulasan nya.

Pada bulan april tahun 1815, letusan dari Gunung Tambora meletus dan menjadi salah satu letusan terbesar sejak letusan danau Taupo pada tahun 181, letusan dari Tambora ini terdengar hingga Pulau Sumatera lebih dari 2000 km yang dimana Abu Vulkaniknya jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Maluku. akibat dari letusan Gunung Tambora banyak memakan korban jiwa hingga tidak kurang dari 71.000 orang dengan catatan 11.000 - 12.000 orang terbunuh secara langsung akibat letusan Gunung tersebut.

Akibat yang ditimbulkan dari letusan Gunung Tambora tersebut menyebabkan perubahan pada iklim didunia, perubahan drastis ini menyebabkan negara di Amerika Utara dan Eropa terkena imbasnya akibat dari debu yang dihasilkan dari letusan Tambora banyak mengakibatkan gagal panen dan banyaknya kematian ternak hingga yang paling parah kelaparan terburuk pada Abad ke-19.

5. PT Semen Padang - Sumatera Barat


PT Semen Padang

Pernahkah anda tahu PT Semen Padang merupakan salah satu Produsen Semen tertua di Indonesia yang sudah berdiri pada tanggal 18 Maret Tahun 1910 merupakan salah satu Pabrik Semen Pertama yang bernama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM).

PT Semen padang sempat diambil alih oleh Jepang ketika Jepang menguasai Indonesia pada tahun 1942-1945, pabrik ini sempat diambil oleh Jepang. namun setelah kemerdekaan RI pada tahun 1945, akhirnya pabrik ini kembali diambil oleh Indonesia dan kemudian selanjutnya di serahkan kepada Pemerintahan RI pada waktu itu.

6. Hutan Tropis Terluas - Papua




Hutan Tropis / Hutan Hujan

Hutan Hujan atau yang bisa disebut dengan Hutan Tropis merupakan salah satu hutan yang paling sering menerima curah hujan biasanya terdapat beraneka ragam Flora dan Fauna yang hidup didalam didalam hutan hujan/hutan tropis ini.

Salah satu hutan tropis yang terluas yang ada di Indonesia berada di provinsi Papua, dengan luas yang mencapai 29.816 km persegi. yang ditumbuhi berbagai pepohonan yang lebat dan tumbuhan lainnya. Hutan hujan juga meliputi wilayah sekitar 2% dari wilayah ditanah bumi Indonesia, akan tetapi hutan hujan masih menyediakan 40% Oksigen,sementara itu hutan hujan yang paling terkenal di Indonesia.

7. Aneka Ragam Spesies Ikan Hiu


Spesies Ikan Hiu Terbanyak

Fakta Unik dari Indonesia yang terakhir adalah Indonesia salah satu negara maritim yang memiliki beraneka ragam spesies Ikan Hiu terbanyak didunia hingga mencapai 150 jenis spesies Ikan Hiu.

Sebagai salah negara maritim, Indonesia tentu memperoleh pengakuan dari dunia Internasional dengan luas laut yang mencapai 75% luas daratan, dikatakan sebagai negara maritim karena Indonesia merupakan jalur penghubung antara Samudera Pasifik dengan Samudera Hindia dan Benua Asia dengan Benua Australia untuk perdagangan maritim internasional dan militer global.

Maka tidak diragukan lagi Indonesia memiliki lebih kurang 150 spesies Ikan Hiu. yang tercatat antara lain Hiu Paus, Wild Shark atau lebih dikenal juga dengan Hiu Geger Lintang yang merupakan salah satu ikan terbesar didunia dengan panjang 65 meter dan berat yang mencapai 37.000 Kg serta masih ada beberapa jenis ikan hiu lainnya. dengan angka jumlah tersebut Indonesia layak mendapatkan predikat salah satu negara yang memiliki spesies Ikan Hiu terbanyak di Dunia.

Berikut ulasan kami mengenai 7 Fakta Unik Tentang Indonesia yang belum anda ketahui, mungkin masih banyak lagi fakta dan hal unik dari Indonesia yang belum kita ketahui, karena kita semua yakin Negara Indonesia mempunyai berbagai keunikan dan keindahan yang tidak dimiliki oleh Negara lainnya.

No comments:

Post a Comment

welcome to my blog :)

Polling